Sabtu, 24 Oktober 2015

Ternyata Inilah Penyebab Kesemutan di Tangan


sempuranTernyata Inilah Penyebab Kesemutan di Tangan

Kesemutan merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh setiap orang, namun tingkat sensasinya berbeda satu sama lain, atau mungkin disebabkan penyakit-penyakit tertentu. Kehilangan sensasi atau kesemutan di beberapa bagian tubuh dapat terjadi disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariasi seperti cedera saraf, tersumbatnya saraf, buruknya sirkulasi darah, hingga kondisi seperti neuropathy, sclerosisi ganda, sakit saraf diabetes, dan lain-lain. Artikel ini akan membahas beberapa kemungkinan penyebab kesemutan di tangan.

Kesemutan, sensasi seperti ditusuk-tusuk, mati rasa (kehilangan sensasi) secara medis disebut dengan paresthesia. Layaknya sensasi kulit yang tidak normal merupakan gejala-gejala syaraf yang terjadi disebabkan oleh bermacam-macam kerusakan, penyakit, ataupun cedera pada bagian saraf sensorik.

Kondisi-Kondisi yang Menyebabkan Kesemutan
Keparahannya berbeda satu orang dengan yang lainnya. Sementara, kesemutan atau mati rasa yang dialami orang dengan taraf kesehatan yang normal bukan merupakan masalah yang serius, karena kesemutan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika seseorang yang terkena penyakit jantung, hipertensi, atau diabetes mengalami kesemutan di tangan, maka ia harus segera memeriksakannya ke dokter. Penyebab dari kesemutan di tangan yaitu cedera saraf fisik seperti tersumbatnya saraf atau tekanan yang terjadi di saraf.

Inilah Penyebab Kesemutan Di Tangan
Seperti yang telah dikemukakan diatas, terdapat beberapa faktor maupun kondisi-kondisi tertentu yang mengakibatkan terjadinya kesemutan. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penyebab kesemutan di tangan berikut ini:
·      Penyebab paling umum kesemutan di lengan adalah sindrom luar toraks. Penyakit ini terjadi dikarenakan adanya kompresi di bagian luar toraks yang berpengaruh pada pleksus brakialis (jalannya saraf dari tangan ke bagian leher).
·      Migrain arteri basilar adalah faktor penyebab kesemutan di tangan. Hal tersebut terjadi karena tidak berfungsinya arteri otak otama di dasar bagian otak. Juga disebut dengan sindrom Bickerstaff, hal tersebut menyebabkan sakit kepala hebat, pusing-pusing, mati rasa, atau kaku pada bagian tangan bawah.

Konsultasikan dengan praktisi kesehatan dan usahakan membuat perubahan dalam masukan konsumsi anda, dan jangan lupa untuk terus hidup sehat dan jauhi stres.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar