Selasa, 18 Agustus 2015

Ini Cerita Unik Dibalik Kepopuleran Mangkuk Si Ayam Merah


Tentaunya anda sudah tidak asing lagi dengan mangkok putih bergambar ayam Merah. Makok ini mudah sekali ditemukan baik di rumah maupun di tempat-tempat kuliner umum yang menyuguhkan hidangan dengan menggunakan mangkok.
Rupanya mangkok bergambar Ayam Merah ini sudah sejak zaman dahulu cukup populer bahkan sejak zaman kakek dan nenek kita masih muda. Semangkin terkenalnya mangkok ini juga berkat salah satu brand penyedap rasa Indonesia yang kala itu menggandeng mangkok jenis ini sebagai hadiah untuk pelanggannya yang membeli penyedap rasa dalam jumlah banyak.
Mangkuk yang sudah populer ini bukanlah buatan Indonesia, hal ini bisa terlihat dari tulisan ‘Made in Cina’ yang ada pada bagian bawah mangkuk. Mangkuk dengan diameter atas 16,5 cm, diameter bawah 9 cm dan tinggi 6 cm tersebut sangat mudah diingat. Lantaran motif yang ada ada mangkuk serta perpaduan warnanya yang sangat pas memudahkan seseorang langsung mengenalinya.
Mangkuk yang memiliki gambar yam merah dengan jengger warna hitam persis ayam khas asal Cina ini rupanya sudah digunakan sejak masa Cina kuno yakni pada masa dinasti Ming, oleh bangsa Cina sendiri.
Akan tetapi ada pula para peneliti yang meyakini jika sebenarnya mangkok tersebut bukan dari Cina melainkan dari Thailan. Dikatakan bahwa ayam tersebut sudah di ternak sejak 8000 SM di Negeri Gajah Putih, tersebut.
Akan tetapi kemuidan pada tahun 5300 – 4300 SM di China juga ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus. Belum pasti dari mana asal mangkok si ayam Merah tersebut. Namun di Indonesia mangkok tersebut sangat populer dikalngan para pedagang Soto, Bakso, Mie ayam serta kuliner lainnya yang penyajiannya menggunakan mangkok. (Dream)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar