Sabtu, 19 September 2015

Awas, Kebanyakan Merokok Ternyata Bisa Menyebabkan Pikun


Selama ini Anda pasti beranggapan bahwa penyakit pikun atau menjadi pelupa hanya akan menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Itulah sebabnya pikun menjadi trade mark tersendiri bagi para orang tua.

Namun tahukah Anda bahwa anak muda yang sesuai dengan Anda pun bisa pikun? Terdengar mengejutkan, namun memang begitulah adanya. Penelitian yang dikutip dari seminar Alzheimer Indonesia pun mengemukakan hal ini.

"Ada lebih dari 200 zat racun sintetis yang ada dalam rokok. Semua ini dimasukkan ke dalam tubuh Anda ke dalam tubuh Anda ketika Anda merokok. Kemudian zat racun tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah hingga sampai pada sistem syaraf Anda," ungkap dr Sri Sunarti, SpPD K.Ger. "Racun yang menempel pada syaraf lalu akan membentuk plak yang merusak bagian otak yang berfungsi untuk mengingat. Hasilnya, Anda pun bisa pikun atau menjadi pelupa bahkan di usia muda."

"Sebenarnya para perokok pun sudah menunjukkan tanda awal dari depresi, salah satu penyebab demensia. Hal ini terlihat ketika mereka melamun sambil merokok. Dalam lamunan tersebut, zat racun pun terus masuk," lanjutnya.

"Saat seseorang merokok, alkohol biasanya menjadi temannya. Nah perilaku ini pun bisa memperparah demensia. Sebab alkohol akan merusak penyerapan vitamin yang bertugas untuk memperbaiki dinding saraf."
[feb/merdeka.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar